1 Komentar

Motivasi Surat Darrell Royal

Darrel Royal lahir pada 6 Juli 1924, seorang pelatih American Football terkenal di University of Texas, Longhorn, pada tahun 1960-an. Surat ini ditujukan kepada para pemain yang sedang dalam perjalanan pulang saat liburan musim panas untuk mengembalikan semangat bertanding dan antusiasme mereka terhadap Football.

 

Tim Longhorn yang kukasihi,

Kekalahan itu bukanlah sesuatu hal yang memalukan. Pada saat kita tidak bisa bangkit setelah menderita kekalahan, itulah hal yang memalukan. Disini banyak orang yang mengalami kekalahan dan bangkit kembali setelah melanjutkan kehidupannya dengan gagah berani. Sekarang mari kuperkenalkan sebuah sejarah dari seorang tokoh besar.

1832 – Berhenti bekerja karena di-PHK

1832 – Gagal dalam pemilihan DPR Negara Bagian

1833 – Perusahaannya bangkrut

1834 – Terpilih sebagai anggota DPR Negara Bagian

1835 – Tunangannya meninggal

1836 – Menderita penyakit lemah syaraf

1838 – Gagal dalam pemilihan ketua DPR Negara Bagian

1845 – Kalah dalam voting calon anggota Majelis Rendah

1848 – Gagal terpilih kembali sebagai anggota Majelis Rendah

1849 – Ditolak Biro Penyelidikan Pemerintah

1854 – Gagal dalam pemilihan Majelis Tinggi

1856 – Kalah dalam voting pemilihan Wakil Presiden

1858 – Gagal lagi dalam pemilihan Majelis Tinggi

Lalu pada tahun 1860, Abraham Lincoln terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.

Kalian pun yang menghadapi tantangan musim ini sebagai peringkat ketiga, mungkin akan jatuh ke peringkat keenam. Yang mulai di peringkat pertama, mungkin akan menjadi peringkat keempat. Dan, kalian pun akan selalu bertanya-tanya kepada diri kalian sendiri, apa yang seharusnya kalian lakukan setelah mengalami kegagalan tersebut. Apakah kalian hanya bisa menggerutu tentang ketidakmampuan kalian? Atau hal itu justru membakar semangat tempur kalian dan bangkit kembali? Bagi kalian yang tidak bisa bangkit dari kekalahan, kalian adalah orang yang tidak pernah ada sejak awal. Mereka yang merupakan pemain terbaik akan selalu berjuang dan berusaha untuk bangkit kembali secepatnya dengan usaha mereka sendiri. Pemain Football biasa bangkit sedikit lebih lama, sedangkan para pecundang akan terus terbaring di tanah.

Saya pernah gagal, anda pernah gagal, kita semua pernah gagal, yang membedakan kita hanyalah waktu yang dibutuhkan untuk bangkit dan belajar dari kegagalan untuk meraih sukses. Setiap kegagalan pasti mengandung sebuah pelajaran penting yang harus kita ambil. Lihatlah Thomas Alfa Edison yang gagal ribuan kali sebelum menemukan lampu pijar. Tapi akhirnya dia berhasil menemukan lampu pijar pada percobaan kesekian ribu, sungguh luar biasa !, lalu apa yang dia katakan mengenai kegagalannya :

“Saya tidak gagal, saya berhasil menemukan cara-cara dan bahan-bahan yang tidak cocok untuk dijadikan lampu pijar”

Kita pun harus begitu, terus berjuang walaupun kalah berkali – kali. Selama kasih ada kemungkinan 0,001% sekalipun, kita harus terus mencoba untuk berhasil. Nikmati permainan, menyerang dan terus menyerang, tanpa kenal lelah terus mencoba hingga peluit akhir dibunyikan. Kalau pun akhirnya gagal lagi, jadikan kegagalan ini pelajaran untuk memenangkan pertandingan selanjutnya.

I don’t believe in failure. It’s not failure if you enjoyed the process. 

Ungkapan Oprah Winfrey ini begitu berharga. Tak ada kegagalan jika kita menikmati prosesnya. Kegagalan adalah proses untuk mencapai kesuksesan selama kita mau belajar dari kegagalan yang dialami dan menikmati pekerjaan yang kita lakukan.

Keep fight and enjoy the game!. Terima kasih.

One comment on “Motivasi Surat Darrell Royal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: