4 Komentar

Posisi Pemain Dalam Flag Football

Posisi pemain dalam Flag Football by Rain16

Bagi kalian yang belum tau dasar – dasar posisi dalam Flag Football. Kali ini kami akan menjelaskan sedikit tentang posisi pemain dalam Flag Football. Sebenarnya posisi – posisi ini tidak jauh bedanya dibanding American Football, baik secara fungsi ataupun tugasnya.

Defense / posisi bertahan :

Bertugas untuk menjaga LOS (Line of scrimmage ) dan mecegah Offense mencetak angka.

A. Defensive Line (DL) : Bertugas sebagai pengganggu OL dalam dengan memberikan tekanan sebuah play. DL juga dapat bertugas sebagai pengganggu QB dengan melakukan blitzing, mengganggu pass ataupun sebagai benteng pertama dalam menghentikan play lawan. Tenaga dan teknik merupakan bekal wajib bagi seorang DL.

B. Cornerback (CB) : CB memiliki fungsi utama sebagai penjaga WR, CB juga harus selalu membayang – bayangi WR saat menangkap Pass, CB dapat menangkap pass lawan dengan melakukan intercept. Kemampuan membaca arah bola & kemampuan menangkap merupakan bekal wajib bagi seorang CB.

C. Outside Linebacker (OLB) / Blitzer : Bertugas melalukan rushing pada QB dan melakukan blitz.

D. Middle Linbacker (MLB) : Bertugas menghentikan RB dan biasanya merupakan komandan Defensive Team.

E. Safety (S) : Merupakan pertahanan terakhir dalam Defense dan merupakan pemain terjauh dari LOS, biasanya bertugas melakukan Spy pada QB, membaca arah bola dan menghentikan runner yang tidak bisa ditahan MLB. Seorang Safety juga bisanya adalah orang yang paling berpengalaman dalam defense.

Offense / posisi menyerang :

Bertugas mencetak skor  dalam pertandingan.

1. Center (C) : Bertugas melakukan Snap bola pada QB dan menghalangi DL yang berusaha menerobos masuk untuk “menghancurkan” QB. C juga bertugas menentukan strategi blocking yang tepat untuk menahan DL.

2. Guard (G) : Tidak perlu melakukan snap seperti C, tapi bertugas menahan DL / OLB yang berusaha menerobos masuk.

3. Quarterback (QB) : Seorang Playmaker.Merupakan pemain yang menerima snap bola dari C, dan komandan dalam Offense. QB memiliki tugas paling berat, yaitu : menentukan strategi, menempatkan pemain pada posisi yang tepat, melempar pass, memberikan bola pada RB dan terkadang melakukan block untuk RB. QB juga harus memiliki kemampuan dalam membaca situasi yang paling baik untuk tim.

4. Wide Reciver (WR) : Spesialis dalam menangkap pass. Tugas utamanya adalah berlari sesuai rute pass yang sudah ditentukan dan bebas untuk menerima pass. WR juga terkadang berfungsi sebagai pengalih perhatian ataupun blocker untuk RB dalam Run play.

5. Tight End (TE) : Berada disamping dan 1 langkah dibelakang OL. Merupakan pemain serba bisa, TE harus mampu melakukan blocking untuk QB / RB dalam run play ataupun menangkap pass jarak pendek.

6. Running Back (RB) : Pelari utama dalam Offense. Biasanya merupakan pemain tercepat dilapangan. Terkadang RB juga harus mampu menangkap pass seperti WR, melempar pass seperti QB dan melakukan blocking untuk menyelamatkan QB.

Selain pemain – pemain itu, ada juga posisi Kicker (K) / Punter (P) yang bertugas menendang bola saat Kickoff ataupun melakukan Punt Kick.

nb :

– OL (Offensive Lineman) termasuk didalamnya Center dan Guard.

DL (Defensive Line) termasuk didalamnya Defensive Tackle (DT) dan Defensive End (DE), tapi karena dalam Flag Football perbedaan tugasnya tidak terlalu signifikan maka baik DT atau DE dapat disebut DL saja dalam Flag Football. Begitu juga Free Safety (FS) dan Special Safety (SS), keduanya dapat disebut Safety (S) saja.

– Kalau ada yang merasa kurang dan ingin menambahkan, silahkan di share. Terima kasih.

Keep fight and enjoy the game !

4 comments on “Posisi Pemain Dalam Flag Football

  1. menambahkan kalo center and guard yg sama di pisah brarti
    defensive line merupakan line yang di tengah
    dan yang di ujung kanan dan kiri merupakan Defensive End (DE)

    running back bs jg di sebut Half Back (HB)

    • Yup anda benar, tapi DL baik yg DE / DT / CDL tugasnya hampir sama di FF, jadi ga terlalu signifikan lah bedanya, kalo AF memang perbedaannya cukup besar di tugas – tugasnya DL (DE / DT / CDL).
      Kalo HB / TB (tailback) itu sebutan secara spesifik dari RB, dan lagi – lagi d FF itu ga’ terlalu berpengaruh, walaupun emang ada perbedaan tugas.

      Ini juga penjelasan kenapa kami nggak naruh Nickelback / Dimeback / Free sefety / Special Sefety,, karena tugas mereka sebenarnya telah terwakili di artikel diatas dalam FF.

      Thnx udah dikomentari.
      Semoga tidak bosan – bosan berkunjung kemari.

  2. RALAT!!! TE bukan tugas block buat QB, tapi block buat buka rute lari RB… Banyak yang salah sangka di sini… ckckkck~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: