Tinggalkan komentar

IFFA Rules 8 : Kickoff

Pasal 8

Kickoff

1. Pada awal pertandingan salah satu official melakukan coin toss di tengah lapangan, disaksikan oleh satu team captain dari masing-masing tim.

2. Tim visitor memilih sisi koin. Apabila pertandingan tidak dilakukan di kandang salah satu tim maka tim captain yang datang lebih dulu berhak memilih sisi koin.

3. Pemenang coin toss dapat memilih salah satu pilihan diantara:
a. Receive
b. Kick
c. Sisi lapangan dan mendapatkan kesempatan memilih receive/catch di second half.

4. Tim yang kalah dalam coin toss memilih satu dari pilihan yang tersisa.

5. Kickoff dilakukan dari garis 20 yard tim yang melakukan kick.

6. Pemain dari kicking team tidak boleh melewati garis 20 yard (kicker field) sebelum bola di tendang (kecuali place kicker apabila tidak ada kicking tee dan kicker).

7. ONSIDE KICK tidak boleh dilakukan.

8. Pemain dari receiving team tidak boleh melewati garis 40 yard (kicker field) sebelum bola ditendang.

9. Apabila bola melewati ujung lapangan maka play selanjutnya dimulai dari garis 20 yard receiver field.

10. Apabila bola jatuh menyentuh tanah di daerah endzone (touchback) maka play selanjutnya dimulai dari garis 20 yard receiver field.

11. Apabila bola keluar dari sisi-sisi lapangan maka play selanjutnya dimulai dari garis 40 yard receiver field atau dari titik bola keluar lapangan (yang lebih menguntungkan bagi receiving team). Jika bola keluar dari lapangan pada End Zone maka play dianggap Touch Back dan dimulai dari 20 yard line.

12. Penerima bola dapat melakukan fair catch dan play dinyatakan dead di titik dan waktu bola tertangkap atau menyentuh tanah. Setelah penerima bola melakukan sinyal fair catch, ia tidak boleh diintervensi dalam penerimaan bola.

13. Apabila bola tertangkap di endzone (receiving team), penerima bola boleh meminta touchback dengan cara menyentuhkan sebelah lututnya ke tanah. Play berikutnya akan dimulai dari garis 20 yard (receiving team).

14. Apabila bola telah menyentuh anggota badan apapun oleh seseorang dari receiving team di daerah endzone dan bola terjatuh (drop) ke tanah, maka SAFETY diberlakukan (point of Contact Rules).

15. Fair catch dapat dilakukan di mana saja dalam lapangan. Kecuali di endzone, fair catch akan mengakibatkan bola mati di titik catch. Play berikutnya akan dimulai dari garis tersebut.

16. Penerima bola dapat mencoba mengembalikan bola sejauh mungkin hingga ia terkena tackle.

17. Tidak ada muffed ball/fumble pada kickoff: Apabila bola telah menyentuh anggota badan apapun dari seseorang dari receiving team, maka bola dinyatakan mati dan akan dispot di point of contact atau poin terakhir bola berhenti/out of bounds (yang lebih merugikan bagi receiving team) .

18. Apabila bola tidak tertangkap dan tidak menyentuh pemain receiving team, kicking team boleh‘mematikan’ bola dengan menangkapnya. Play berikutnya akan dispot di point dimana kicking team menangkap bola.

> Keep fight and enjoy the game !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: