3 Komentar

Rute Pass Wide Recivers

Rute pass untuk Wide Recivers (WR) digunakan untuk mengecoh Corner Backs (CB) atau Safety (S). Tujuannya adalah agar WR bisa menang langkah dan menangkap bola tanpa gangguan dari lawan. Rute pass juga berlaku buat Tight End (TE) atau terkadang Running Backs (RB).

Dibawah ini, kami berikan beberapa rute pass dasar yang biasa digunakan beserta ilustrasinya.

1. Pump : Disebut juga Stop N’ Go. Rute ini bisa dijadikan option* untuk Hook. Lari jauh lebih dari 15 yard untuk memancing CB, berbalik seperti akan menangkap bola, ketika CB tetap mengikuti berbalik untuk lari lurus lagi.

2. Comeback : Disebut juga Deep In. Lari jauh seperti akan melakukan rute Deep, lalu berbalik dengan cepat ke arah QB. QB akan melempar bola disaat kamu berlari kearahnya.

3. 90 In/Out : Lari kira – kira 10 yard, lalu potong 90 derajat kearah dalam (mengarah ke tengah) atau luar (mengarah ke sideline) sesuai rute yang diberikan QB.

4. Hook : Disebut juga Deep Comeback. Rute paling mudah untuk pemula, sekaligus juga rute yang paling mudah dipotong CB. Tapi bisa digunakan untuk option dari Pump. Dasarnya seperi melakukan Comeback, yang membedakan adalah jarak larinya, maksimal 15 yard.

5. Cross : Tujuannya adalah WR “menyebrang” kearah yang berlawanan. Bisa digunakan untuk option dari rute 45 In. Lakukan lari lurus kira -kira  10 yard, potong 45 derajat, lalu potong lagi masuk daerah pertahanan lawan. QB akan melakukan pass ketika kamu sudah berada disisi yang berlawanan.

6. Hitch : Rute tipe pendek dan cepat. Rutenya menguntungkan WR untuk mendapatkan bola lebih dulu dari CB. Lari sejauh maksimal 5 yard, lalu segera berbalik kearah QB untuk menangkap bola. QB melempar ketika WR tepat akan berbelok.

7. Look In : Juga merupakan rute tipe pendek dan cepat. Langsung memotong 45 derajat masuk ke area pertahanan lawan begitu HUT / HIKE.

8. Slant : Rute ini digunakan ketika reciver bisa melihat celah kosong ditengah pertahanan lawan. Lakukan lari kira – kira 5 yard dari LOS, lalu potong 45 derajat kedalam.

9. 45 In/Out : Lari kira – kira 10 yard, lalu potong 15 derajat kedalam (mengarah ke QB) / keluar (kearah luar lapangan). Prinsip yang digunakan sama dengan melakukan Slant, hanya saja jark lari sebelum memotongnya lebih jauh.

10. Zig Out : Biasa juga disebut Flag atau Corner. Rute yang biasa dilakukan seorang TE, walapun sering juga WR melakukan ini untuk mengecoh CB. Lakukan lari jauh beberapa yard, lalu berpura -pura akan melakukan 45 In, saat CB tetap mengikuti segera lakukan 45 Out. QB akan melempar bola ketika WR tepat akan memotong untuk yang kedua kalinya.

11. Quick Out : Rute tipe pendek dan cepat. Merupakan rute untuk melarikan diri karena sering digunakan oleh WR untuk keluar lapangan dengan cepat (biasanya untuk menghentikan play time). Lakukan lari pendek lalu segera memotong keluar 90 derajat.

12. Deep : Biasa disebut Up atau Go.  Hanya berlari lurus untuk jarak jauh. Rute ini juga yang paling gampang di Intercept karena CB bisa dengan cepat mengetahui posisi bola.

Note :

  • *Option : Opsi rute lain yang sudah disepakati antara QB dengan WR untuk berjaga – jaga kalau WR tidak bisa lepas dari kawalan CB dengan rute yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Rute pass diatas bisa dikombinasikan dengan Stop (WR tiba -tiba berehenti ditengah rute) atau Delay (WR menunda lari walaupun sudah HUT / HIKE).

Ingin belajar lebih jauh ??

silahkan gabung ke Phyxius Flag Football Team

CP : 085721724709 (Nurul)

Keep fight and enjoy the game !

3 comments on “Rute Pass Wide Recivers

  1. Izin copas gan, dan Sumber akan saya tulis sesuai anda.
    Boleh kah ? Hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: